PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (PSAP) TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN DELI SERDANG

Sahala Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan Pemerintah kabupaten Deli Serdang telah menyajikan laporan keuangan daerahsesuaidenganstandarakuntansi pemerintahan berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 71 tahun 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri no.64 tahun 2013 serta mengetahui sejauh mana peranan faktor pendukung serta sarana pendukung terhadap keberhasilan penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kantor Bupati Deli Serdang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PemerintahkabupatenDeliSerdangtelah menyajikan laporan keuangannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 71 tahun 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri no.64 tahun 2013. Sarana pendukung berupa komputer sudah memadai dan aplikasi SIMDA sudah digunakan dalam penyajian laporan keuangan daerah. Pegawai yang berlatarbelakang pendidikan akuntansi sudah memadai tetapi penempatan pegawai sebagai kepala sub bagian keuangan masih sangat kurang.


Keywords


Standar Akuntansi Pemerintahan; Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


STIE-LMII Medan

Jalan Kolam No. 41 Medan Estate Telp/Fax (061) 42065259

http://ejournal.lmiimedan.net

Jurnal Kewirausahaan (STIE - LMII) is indexed by:

 

Indexed Google Scholar Indexed NelitiCom