Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Property & Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Mitha Christina Ginting

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui financial distress pada perusahaan Property & Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ilmiah bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode analisis data digunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia sebanyak 49 perusahaan. Penentuan sampel untuk penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga dihasilkan sampel sebanyak 34 perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Secara parsial, current ratio maupun debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Secara simultan current ratio dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap financial distress dengan nilai Sig. sebesar 0,000. Secara parsial, current ratio berpengaruh positif terhadap financial distress dengan nilai Sig. sebesar 0,000 sedangkan debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap financial distress dengan nilai Sig. sebesar 0,003 pada perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Current ratio, Debt to Equity Ratio dan Financial Distress

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jurnalmanajemenlmii@gmail.com

http://ejournal.lmiimedan.net

Jurnal Manajemen (STIE - LMII) is indexed by:

 

Indexed Google Scholar Indexed NelitiCom http://garuda.ristekdikti.go.id/assets/img/garuda1.png