PENGARUH AUDIT TENURE, AUDIT QUALITY, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING-CONCERN (Studi Kasus Pada Perusahaan Perkebunan dan Property Real Estate)

Duma Megaria Elisabeth, Rike Yolanda Panjaitan

Abstract


Pemberian Opini Audit Going-Concern sangatlah penting bagi perusahaan dan bagi pihak ketiga. Pemberian Opini Audit Going-Concern dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: Audit Tenure, Audit Quality, dan Corporate Governance. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Audit Tenure, Audit Quality, dan Corporate Governance berpengaruh terhadap Pemberian Opini Audit Going-Concern. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Perusahaan Perkebunan dan Properti Real Estate yang Terdaftar di BEI tahun 2015-2017.

Opini audit going concern adalah penjelasan yang diberikan auditor jika dalam pertimbangannya terdapat keraguan akan kemampuan perusahaan mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa mendatang. Pergantian auditor (Audit Tenure) ditandai dengan adanya pergantian terhadap Kantor Akuntan Publik (KAP) yang melaksanakan audit terhadap perusahaan atau perusahaan menggunakan jasa audit dari KAP pengganti yang berbeda dari KAP sebelumnya. Sedangkan kualitas audit diproksikan berdasarkan skala auditor yaitu Big Four atau Non Big Four. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan data yang di peroleh dari laporan keuangan tahun 2015 sampai dengan 2017 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Dimana dalam pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan menghasilkan 195 jumlah pengamatan (65 Perusahaan X 3 tahun) yang layak untuk dianalis lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel corporate governance berpengaruh signifikan terhadap opini going concern audit, tetapi audit tenure dan kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap opini going concern audit.


Keywords


Audit Tenure; Audit Quality; Corporate Governance; Pemberian Opini Audit Going-Concern

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jurnalmanajemenlmii@gmail.com

http://ejournal.lmiimedan.net

Jurnal Manajemen (STIE - LMII) is indexed by:

 

Indexed Google Scholar Indexed NelitiCom http://garuda.ristekdikti.go.id/assets/img/garuda1.png