PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Labuhan Batu Utara)

Septony B. Siahaan, Arthur Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sistem informasi keuangan daerah, pemahaman standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Labuhan Batu Utara. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kepala dan staf BPKAD di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Metode penentuan sampel menggunakan metode convenience sample. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem informasi keuangan daerah, pemahaman standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Labuhan Batu Utara.


Keywords


Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah; Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan; Sistem Pengendalian Internal Pemerintah; dan Kualitas Laporan Keuangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jurnalmanajemenlmii@gmail.com

http://ejournal.lmiimedan.net

Jurnal Manajemen (STIE - LMII) is indexed by:

 

Indexed Google Scholar Indexed NelitiCom http://garuda.ristekdikti.go.id/assets/img/garuda1.png